Spirit Ekonomi Profetik

Telaah Patronisme Nabi Muhammad SAW dalam Transformasi Sistem Ekonomi yang Berkeadilan

Authors

  • Abdullah Hamdani Husain Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim, Malang, Indonesia
  • Syafiq Maulana Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim, Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59001/pjeb.v3i1.163

Keywords:

ekonomi profetik, transformasi ekonomi, masyarakat Arab, keadilan

Abstract

This article examines the role of Prophet Muhammad's patronage in transforming the economic system of Arab society before the advent of Islam, which was oppressive, exploitative, and unjust. The research method employed in this study includes a literature review and descriptive analysis of the prophetic economic teachings and policies introduced by Prophet Muhammad. Data were gathered from various Islamic teachings and scholarly literature, such as exegesis, books, and journals relevant to the topic. The results indicate that Prophet Muhammad established a just economic system in Arab society with four main pillars: siddiq, amanah, tabligh, and fathonah. Measures taken included prohibiting usury, imposing zakat, emphasizing the values of hard work, abolishing slavery, and reforming the economic system in accordance with Sharia principles. Consequently, society became more prosperous through economic practices based on spiritual values and human ethics.

Artikel ini mengulas peran patronisme Nabi Muhammad SAW dalam transformsi sistem ekonomi masyarakat Arab sebelum kedatangan Islam, yang cenderung menindas, eksploitatif, dan tidak adil. Metode penelitian ini menggunakan tinjauan literatur dan analisis deskriptif terhadap ajaran dan kebijakan ekonomi profetik yang diperkenalkan oleh Nabi Muhammad. Data yang digunakan berasal dari berbagai sumber ajaran Islam dan literatur ilmiah, seperti tafsir, buku, dan jurnal yang relevan dengan topik tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Nabi Muhammad membangun sistem ekonomi msyarakat Arab yang berkeadilan dengan empat pilar utama, yaitu siddiq, amanah, tabligh, dan fathonah. Langkah-langkah yang diambil termasuk larangan terhadap riba, kewajiban zakat, penekanan pada nilai-nilai kerja keras, penghapusan perbudakan, dan reformasi sistem ekonomi sesuai prinsip-prinsip syariah. Dengan demikian, masyarakat menjadi lebih sejahtera melalui praktik ekonomi yang berbasis pada nilai-nilai spiritual dan etika kemanusiaan.

References

Agustian, A. G. (2001). Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual (ESQ) (1st ed.). Jakarta: Arga.https://papers.ssrn.com/abstract=3073793

Ahmad, B., Rohmah, S., & Kholish, M. (2021). The urgency of religious forum as the basis of education for corruption prevention among government officials (a multi-site study in Malang Raya government mosques). Didaktika Religia: Journal of Islamic Education, 9(1), 187-206.

Alfian, W. (2023). Kebijakan Fiskal Rasulullah Muhammad SAW Pondasi Ekonomi Islam. JEBESH: Journal of Economics Business Ethic and Science Histories, 1(2), 43–52.

al-Qudhah, S. N. ‘Ali S. (2003). Al- Mukhtashar al- Mufiid fi sharh Jauharah al- Tauhid. Arab Saudi: Al-Bayan Corporation.

Amrullah, H. A. K. (2015). Tafsir al-azhar 8 (Juz 24, 25, 26, 27): Diperkaya dengan pendekatan sejarah, sosiologi, tasawuf, ilmu kalam, sastra, dan psikologi (1st ed.). Jakarta: Gema Insani.

an-Nadwi, A. H. ’Ali al-Hasan. (2005). Sejarah Lengkap Nabi Muhammad Saw (1st ed.; M. H. Hamdi, Trans.). Yogyakarta: Mardhiyah Press.

Arifin, S., Kholis, M. A., & Oktavia, N. (2021). Agama dan Perubahan Sosial di Basis Multikulturalisme: Sebuah Upaya Menyemai Teologi Pedagogi Damai di Tengah Keragaman Agama dan Budaya di Kabupaten Malang. Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 8(2), 147-183.

Arifin, S., Kholish, M. A., & Mu’iz, D. H. T. (2022). Teologi Konversi Agama dan Upaya Menumbuhkan Nilai-Nilai Toleransi di Basis Multikultural. Waskita: Jurnal Pendidikan Nilai Dan Pembangunan Karakter, 6(1), 43-59.

Armstrong, K. (2002). Islam: A Short History (Modern Library ed). New York: Modern Library.

As-Suvi, A. Q., & Zuhriah, E. (2023). Ratio Legis of Interfaith Inheritance Reformulation from The Perspective of Fiqh Minority: A Study of The Thoughts of Yusuf Al-Qardhawi and Taha Jabir Al-Alwani. Jurnal Pembaharuan Hukum, 10(3), 361-386.

Barizi, A., Rohmah, S., Kholish, M. A., & Hikmah, N. (2024). Islam, Visual Morality and Gender Identity in Cyberspace: The Agency, Controversy and Popular Piety of Ria Ricis. Journal of Religion, Media and Digital Culture, 13(1), 20-42.

Bulac, A. (2003). Islam Liberal, Pemikiran Islam Kontemporer tentang Isu-isu Global. In Liberal Islam: A Sourcebook. Jakarta: Paramadina.

Diamond, J. M. (2011). Collapse: How societies choose to fail or succeed. New York: Penguin Books.

Hasbi, M. Z. N. (2021). Potret Kehidupan Ekonomi pada Zaman Nabi. AL-MUTSLA, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.46870/jstain.v3i1.43

Hasjmy, A. (1975). Sejarah kebudayaan Islam (1st ed.). Jakarta: Bulan Bintang.

Hidayatullah, M. F. (2010). Pendidikan Karakter Membangun Peradaban Bangsa (1st ed.). Surakarta: Pers UNS.

Hitti, P. K. (2018). A short history of the Arabs: Sejarah ringkas peradaban Arab-Islam (Cetakan I; Dedi Slamet Riyadi, Trans.). Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.

Hodgson, M. G. (2000). The Venture of Islam (1st ed.; Mu. Kartanegara, Trans.). Jakarta: Paramadina.

Ibrahim, M. (1982). Social and Economic Conditions in Pre-Islamic Mecca. International Journal of Middle East Studies, 14(3), 343–358.

Isjwara, F. (1997). Pengantar Ilmu Politik. Jakarta: Bina Cipta.

Izutsu, T. (2008). God and man in the Koran: Semantics of the Koranic Weltanschaung (New ed., 2. repr). Kuala Lumpur: Islamic Book Trust.

Karim, M. A. (2007). Sejarah Pemikiran dan Perdaban Islam (1st ed.). Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.

Kholish, M. A. (2021). Menyemai Pendidikan Fikih Beyond The Wall Menumbuhkan Living Toleransi di Tengah Kebinekaan Mazhab Fikih di Indonesia. Inteligensia Media (Kelompok Intrans Publishing).

Kholish, M. A., & Galib, A. M. (2023). Theo-Prophetic Jurisprudence: Tracing the Genealogy of the Islamic Law’s Formation and Growth in Rasulullah Era. Arena Hukum, 16(2), 211–231. https://doi.org/10.21776/ub.arenahukum.2023.01602.1

Kholish, M. A., & Yulianto, Y. (2019). Dialektika Pemikiran Islam dan Demokrasi Manhaj Indonesia: Sebuah Potret Historisitas, Kontinuitas, Dan Perubahan. Waskita: Jurnal Pendidikan Nilai dan Pembangunan Karakter, 2(2), 25-38.

Kholish, M. A., Irianto, G., & Galib, A. M. (2021). Fikih Ekonomi Kontemporer: Konfigurasi Pemikiran Ekonomi Islam di Era Global (1st ed.). Malang: Empatdua Media.

Kolbert, E. (2015). The sixth extinction: An unnatural history (First Picador edition). New York: Picador, Henry Holt and Company.

Luth, T., Moh. Anas Kholish, & Zainullah, M. (2018). Diskursus bernegara dalam Islam dari perspektif historis, teologis, hingga keindonesiaan. UB Press.

Kodir, A., As-Suvi, A. Q., & Rianda, F. U. (2023). Reaktualisasi Ahimsa dalam Perdamaian Agama di India: Kritik atas Otoritarianisme Agama dalam Pemikiran Gandhi. Peradaban Journal of Religion and Society, 2(2), 164-175.

Maimunah. (2010). Manajemen Konflik dan Kepemimpinan Nabi Muhammad Di Madinah (Studi Analisis terhadap Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Piagam Madinah) (Tesis). Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Riau.

Maisurah, R. K., Nasution, A., & Japana, A. (2022). Quranic Notion Of Human Presence On Toshihiku Izutsu Perspective. Rayah Al-Islam, 6(2), 319–329. https://doi.org/10.37274/rais.v6i2.682

Mardani. (2012). Fiqh Ekonomi Syariah: Fiqh Muamalah. Jakarta: Kencana.

Miharja, J. (2010). Sistem Aktivitas Ekonomi (Bisnis) Masyarakat Arab Pra-Islam. El-Hikam, 3(1), 43–54.

Muhamad. (2019). Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam (1st ed.). Yogyakarta: UII Press.

Mujaid, K., Moh, A. K., & Ali, F. V. A. (2015). Fiqh HAM; Ortodoksi dan Liberalisme Hak Asasi Manusia dalam Islam.

Nafiuddin, N. (2019). Memahami Sifat Shiddiq Nabi Muhammad SAW Perspektif Bisnis Syariah. BISNIS : Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam, 6(2), 116–126. https://doi.org/10.21043/bisnis.v6i2.4895

Pulungan, J. S. (1996). Prinsip-Prinsip Pemerintahan dalam Piagam Madinah ditinjau dari Pandangan al-Qur’an. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Rohmah, S., & Kholish, M. A. (2022). Konstitusi Hijau Dan Ijtihad Ekologi: Genealogi, Konsep, Masa Depan, Dan Tantangannya Di Indonesia. Universitas Brawijaya Press.

Rohmah, S., Herawati, E., & Kholish, M. A. (2021). Hukum Islam dan etika pelestarian ekologi: upaya mengurai persoalan lingkungan di Indonesia. Universitas Brawijaya Press.

Rozuli, A. I., Yasin, M., Kholish, M. A., & Ambo’Dalle, A. R. (2022). Kyai NU’s Patrons as an Agent of Social Change and Environmental Marine Conservation: a Case Study in Paciran Lamongan. ADDIN, 16(1), 103-130.

Sahrani, S., & Abdullah, R. (2011). Fiqh Muamalah (1st ed.). Bogor: Ghalia Indonesia.

Sakdiah, S. (2016). Karakteristik Kepemimpinan dalam Islam (Kajian Historis Filosofis) Sifat-Sifat Rasulullah. Jurnal Al-Bayan: Media Kajian Dan Pengembangan Ilmu Dakwah, 22(1). https://doi.org/10.22373/albayan.v22i33.636

Subhani, J. (1996). Ar-Risalah: Sejarah Kehidupan Rasulullah SAW. Jakarta: Lentera.

Sumitro, W., & Kholish, M. A. (2014). Konfigurasi fiqih poligini kontemporer: kritik terhadap paham ortodoksi perkawinan poligini di Indonesia. Universitas Brawijaya Press.

Sumitro, W., Kumkelo, M., & Kholish, M. A. (2014). Politik Hukum Islam: Reposisi Eksistensi Hukum Islam dari Masa Kerajaan Hingga Era Reformasi di Indonesia. Universitas Brawijaya Press.

Sumitro, W., Moh. Anas Kholish, & Muttaqin, L. (2017). Hukum Islam dan Hukum Barat: Diskursus Pemikiran dari Klasik hingga Kontemporer. Setara Press.

Tasmara, T. (2001). Kecerdasan Ruhaniah (1st ed.). Jakarta: Gema Insan.

Tohari, I., & Kholish, M. (2020). Maqasid Syariah sebagai Pijakan Konseptual dalam Pembaruan Hukum Keluarga Islam Indonesia. Arena Hukum, 13(2), 314-328.

Utomo, Y. T. (2017). Kisah Sukses Pengelolaan Keuangan Publik Islam: Perspektif Historis. At-Tauzi : Islamic Economic Journal, 17(2), 156–171.

Yaumi, M. (2014). Pendidikan Karakter (1st ed.). Jakarta: Kencana.

Zarkasyi, H. F. (2016). Pandangan Dunia Islam dan Kapitalisme Barat. 9(1). Retrieved from https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/tsaqafah/article/view/36

Zarqa, M. (2003). Islamization of Economics: The Concept and Methodology [SSRN Scholarly Paper]. Rochester, NY. Retrieved from https://papers.ssrn.com/abstract=3073793

Downloads

Published

2024-03-31

How to Cite

Hamdani Husain, A. ., & Maulana, S. . (2024). Spirit Ekonomi Profetik: Telaah Patronisme Nabi Muhammad SAW dalam Transformasi Sistem Ekonomi yang Berkeadilan. Peradaban Journal of Economic and Business, 3(1), 72–90. https://doi.org/10.59001/pjeb.v3i1.163

Issue

Section

Articles